Posted by : Unknown Thursday, March 20, 2014

Selepas Maghrib sampai adzan Isya , Ustadz Irfan hafidhohullah memberi kajian kitab Adabul Isyroh (Adab - adab Pergaulan) di masjid Darul Arqom.Melihat banyaknya faedah yang tersampaikan begitu berharga , maka kami merasa perlu menuliskan ringkasan faedah yang tersampaikan tadi.
Berikut ini faedah yang bisa kami tuliskan :
  1. Hendaknya kita menjadi insan yang selalu memenuhi janji kita kepada setiap orang yang pernah kita beri janji.Denganmemenuhi janji kita terhindar dari tasyabbuh bil munaafiq dan permusuhan antar kawan.
  2. Dalam memilih teman  hendaknya memilih teman yang berwibawa dan bisa membuatmu malu jika kamu berbuat yang tidak patut di hadapannya. Jika kita memilih teman yang kita tidak malu berbuat yang tidak patut di hadapannya  pertemanan ini tidak meningkatkan kadar kita.
  3. Ali karamallohu wajhah berkata : " Hidupkan rasa malu dengan bergaul bersama orang yang bisa membuat kamu malu darinya."
    Penyebutan karamallohu wajhah secara khusus pada gelar Ali bin Abi Thalib radhiyallahuanhu perlu ditinjau ulang karena tidak ada dalil khusus tentang itu.Bisa jadi pula penamaan ini datang dari syiah rafidhoh.
  4. Hendaknya dalam bersahabat harus didasari niat ikhlas.
  5. Keikhlasan dalam persahabatan diwujudkan dengan mengutamakan maslahat sahabatnya daripada menuruti semua kemauan sang sahabat.
  6. Umumnya, semakin dekat dan akrab hubungan akan semakin sungkan dalam melakukan nahi mungkar.
  7. Meninggalkan gangguan dan celaan orang bodoh pada kita.
  8. Di antara bentuk celaan dan omongan orang bodoh adalah mencela dan menjatuhkan ulama.
  9. Perkataan Rabi' bin Khutsaim rahimahullah : Manusia ada dua jenis.Pertama, orang mukmin yang tidak boleh diganggu. Yang kedua, orang bodoh yang tidak boleh diladeni.
  10. Termasuk adab dalam pergaulan adalah memberikan yang terbaik dari pergaulan kita pada sahabat kita.
  11. Di antara bentuk adab yang baik dalam berteman adalah mau menasehati dalam kebaikan dan memanggil dengan nama yang baik.
  12. 3 nasehat Umar bin Khattab radhiyallahuanhu dalam melanggengkan pergaulan : menebar salam , melapangkan tempat dalam majelis , dan memanggil temannya dengan panggilan yang baik.
  13. Bentuk panggilan yang baik adalah memanggil dengan kunyah (abu atau ummu).
  14. Hendaknya ahlu bid'ah jangan dipanggil dengan kunyah untuk menghinakan.
Itulah faidah - faidah yang bisa ana tulis dan sampaikan.Dalam taklim itu adalagi faedah terbesar yang ana dapatkan dalam pemandangan yang ana saksikan. Ustadz kami, Abdul Lathif hafidhohullah, ikut duduk di barisan mustami'in peserta taklim.Itu adalah kali kedua beliau duduk dalam barisan pendengar.Yang pertama adalah tatkala beliau ikut taklim ana membahas Riyadhush Sholihin hari Kamis. Padahal beliau adalah ustadz yang empat tahun belajar di Fyush, murid syaikh Abdurrahman Al Adeni hafidhohullah.Ini memberikan faedah bahwa kita dilarang gengsi dalam mengambil ilmu.Selama yang menyampaikan salafy yang manhajnya bagus dan mempunyai dasar dari ilmu yang dia sampaikan, kita ambil ilmunya walaupun mungkin kadar ilmu kita lebih tinggi dari dia. Barangkali ada faedah baru yang tidak kita dengar sebelumnya.Minimalnya,kita bisa dapat ketenangan duduk di majelis ilmi dan janji sholawat dari malaikat.

Wallahul muwaffiq ila sabiilil mustaqiim.

Akhukum,

Abu Mas'ud Jarot Al Majitaani

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Lembaga Pendidikan Syar'i SDIT Darul Arqom. Powered by Blogger.

Copyright © SDIT DARUL ARQOM Surabaya | Design Editor by Saiful Islam